Jumat, 12 Maret 2010

9. Mengelola dan Mencetak Lembar Kerja

A. Menggunakan Fasilitas Print Preview

Sebelum mencetak dokumen atau lembar kerja, terlebih dahulu melihat bentuk hasil pencetakan lembar kerja di layar monitor untuk memeriksa hasil cetakan sebelum dicetak menggunakan printer. Apabila hasil cetakan belum sesuai maka dapat dilakukan perbaikan untuk menghasilkan cetakn yang diinginkan. Untuk melihat bentuk hasil percetakan di layar monitor, dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas print preview.

Langkah-langkah untuk menampilkan hasil cetakkan di layar monitor.
1. Pilih menu File>>Print Preview atau dengan menekan ikon Preview pada toolbar Standard.
2. Selanjutnya, Microsoft Excel akan menampilkan jendela Preview, di mana pada jendela tersebut ditampilkan hasil cetakkan lembar kerja.


B. Mencetak Lembar Kerja dan Buku Kerja

1)Mencetak Lembar Kerja
Untuk mencetak lembar kerja ke printer, sebelumnya lembar kerja sudah harus dibuka dan dalam keadaan aktif. Tidak semua lembar kerja perlu dicetak. Apabila akan mencetak sebagian dari lembar kerja, maka harus memblok terlebih dahulu bagian lembar kerja yang akan dicetak.

* Pilih menu File>>Print, tekan tombol Print pada toolbar Print Preview, atau tekan tombol Ctrl + P pada keyboard.

* Pad kotak dialog Print terdapat beberapa pilhan yang digunakan untuk mengatur pencetakan lembar kerja.
a. Printer, digunakn untuk memnentukan ke mana dokumen akan dicetak.
b. Print range, digunakan untuk menentukan halaman yang akan dicetak.
c. Print what, menentukan lembar kerja yang akan dicetak.

* Setelah melakukan pengaturan pencetakan lembar kerja, tekan tombol OK.

2)Mencetak ke File
Mencetak dokumen ke file sebenarnya sama dengan menyimpan lembar kerja tetapi format dan filenya berupa suatu cetakan seperti gambar. Dokumen yang dihasilkan dari pencetakan dokumen lembar kerja ke file tidak dapat dibuka menggunakan Microsoft Excel karena formanya tidak sama.

* Buka menu File>>Print
* Tandai kotak Print to file. Selanjutnya, tekan tombol OK.
* Pad kotak dialog Print to File, masukkan nama file pada kotak Output File Name.


C. Mengatur Tata Letak (Layout) Cetakan

1. Mengatur Kertas
Pengaturan hasil cetakan tidak terlepas dari pengaturan ukuran kertas, karena setiap pencetakn tidak selalu mengggunakan ukuran kertas yang sama. Penggunaan ukran ketas dapat berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.

* Pilih menu File>>Page Setup yang akan menampilkan kotak dialog Page Setup. Pilih tab Page.

* Pada bagian tab Page terdapat beberapa pilihan untuk menentukan format kertas yang digunakan, yaitu sbg berikut.
a. Orientation
b. Scalling
c. Paper size
d. Print quality
e. First page number

2. Mengatur Margin
Untuk menghasilkan hasil cetak yang baik, maka harus memperhatikan pengaturan margin. Margin merupakan jarak antara tepi halaman kertas dengan tepi bidang lembar kerja. Margin atau bidang pinggir halaman juga menentukan apakah bidang yang ingin dicetak dapat dibuat pada sebuah halaman atau tidak. Jika margin yang diatur melebihi batas halaman maka lembar kerja yang tercetak akan terputus

* Pilih menu File>>Page setup.

* Pilih tab Margins.

* Selanjutnya, dapat dilakukan pengaturan margin dengan mengisi nilai margin dan pengaturan lainnya pada kotak yang tersedia.
a.Top
b.Bottom
c.Left
d. Right
e.Header
f.Footer
g.Center on Page

3. Mengatur Header dan Footer
Untuk membuat tampilan pencetakan lebih menarik, akan lebih baik apabila dibuat suatu baris tambahan dibagian atas dan bawah dari halaman yang disebut header dan footer. Tampilan header dan footer juga dapat dilihat sebagai judul yang muncul pada setiap halaman. Selain itu, header dan footer biasanya digunakan untuk memberi identitas pada hasil cetakan.

* Pilih menu File>>Page Setup . Selanjutnya pilih tab Header/Footer.

* Kemudian dapat melakukan pengaturan Header dan Footer dengan memilih isi header dan footer yang tersedia dengan menekan tanda panah paa kotak Header atau Footer.

* Untuk membuat sendiri Header dan Footer dapat dilakukan dengan menekan tombol Custom Header atau Custom Footer.

* Setelah kotak dialog Header dan Footer ditampilkan, isi kotak section dengan teks yang diinginkan.

* Isi header atau footer dapat ditempatakan pada tiga posisi, yaitu posisi kiri(Lift Section), tengah(Center Section), kanan(Right Section),.

* Nomor halaman dari suatu dokumen dapat ditampilkan pada header atau footer.

* Untuk menyisipkan fungsi penempatan nomor halaman, tanggal, dan fungsi lainnya dapat digunakn toolbar yang terdapat pada kotak dialog Header dan Footer.

4. Mengatur Lembar Kerja
Pengaturan lembar kerja dapat digunakan untuk mengatur daerah pencetakan. Dengan menentukan daerah pencetakan, akan dapat mencetak dokumen yang menggunakan beberapa lembar kerja sekaligus. Selain itu juga dapat menentukan apakah dalam pencetakan dokumen akan ditampilkan elemen-elemen lembar kerja seperti bingkai lembar kerja dan garis skala.


D. Mengelola Lembar Kerja dalam Buku Kerja

1. Mengganti Nama Lembar Kerja
Apabila lapoan yang dibuat akan digunakan untuk isi data yang berbeda, diperlikan nama lembar kerja yang unik atau berbeda untuk membedakan lembar kerja tersebut dengan lembar kerja lainnya.

* Klik tab lembar kerja yang akan diganti.

* Pilih menu Format>>Sheet>>Rename.

* Ketikan nama baru lembar kerja yang diinginkan.

2. Menyisipkan Lembar Kerja
Secara default, Microsoft Excel menyediakan lembar kerja(sheet)yang dapat ditambahkan sesuai kebutuhan.

* Pilih salah satu tab lembar kerja.

* Tekan tombol mouse, di mana posisi penunjuk mouse masih berada.

* Pilih Insert pada pilihan dari menu shortcut yang ditampilkan.

* Pada kotak dialog Insert, pilih Worksheet pada tab General kemudian tekan tombol OK.

* Selanjutnya, tab lembar kerja akan bertambah satu. Lembar kerja yang ditambah akan berada pada posisi di sebelah kiri lembar kerja yang aktif.

* Untuk memindahakan posisi tab dapat dilakukan dengan cara tekan dan tombol kiri mouse pada tab sekian kemudian geser mouse ke sebelah kanan tab.

3. Menyalin Lembar Kerja
Isi suatu lembar kerja pada Microsoft Excel dapat disalin pada lembar kerja lain yang masih kosong. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kita dalam bekerja pada saat memerlukan beberapa lembar kerja yang memiliki format dan isis yamg sama.

4. Memindahkan Lembar Kerja
Selain menyialin isi dari suatu lembar kerja, dapat juga memindahkan isi dari lembar kerja. Memindahkan lembar kerja sebenarnya tidak jauh beda dengan menyalin isi lembar kerja.

* Pilih lembar kerja yang akan dipindahkan.

* Pilih menu Edit>>Move or Copy Sheer. Selanjutnya, akan ditampilkan kotak dialog Move or Copy.

* Untuk menentukan lokasi buku kerja di mana akan dipindahkan dapat dipilih pada kotak daftar pilihan To book.

* Pada kotak pilihan Before sheet, pilih lokasi lembar kerja di mana lembar kerja akan dipindahkan.

* Biarkan kotak Create a copy tetap kosong.


E. Menghapus Lembar Kerja
Suatu lembar kerja pada Microsoft Excel dapat dihapus apabila sudah tidak dibutuhkan. Untuk melakukan penghapusan lembar kerja, dapat digunakan berbagai cara.

* Piloh tab lembar kerja yang akan dihapus.

* Pilih menu Edit>>Delete Sheet.

8. Membuat Lembar Kerja Menggunakan Program Lembar Kerja

A. Membuat Lembar Kerja

1)Membuat Lembar Kerja Baru
Apabila ingin membuat buku kerja baru selain buku kerja yang sudah ada dapat dengan melakukan salah satu cara berikut .
a. Pilih menu File >> New. Pada task pane New Workbook, pilih Blank Workbook pada bagian New.
b. Tekan tombol Ctrl + N pada keyboard.
c. Tekan ikon New pada Standard toolbar.
Untuk menambah sheet, dapat memilih salah satu dari dua cara sbg berikut .
1. Pilih menu Insert>>Worksheet.
2. Klik kanan pada salah satu tab sheet, misalnya pada tab sheet 1. Selanjutnya, pilih Insert pada plihan menu yang ditampilkan. Pada kotak dialog Insert, pilih Worksheet.

2)Memasukkan Data
Untuk memasukkan data ke dalam lembar kerja, dapat kamu lakukan dengan menggunakan mouse atau tombol tanda panah pada keyboard untuk berpindah antarsel.

3)Menghapus Data
Langkah-langkah untuk menghapus data diantarannya yaitu sebagai berikut:
1.Tempatkan penunjuk sel pada sel yang akan di hapus datanya. Dapat menghapus beberapa sel sekaligus dengan cara memblok sel-sel tersebut.
2. Tekan tombol Delete pada keyboard, selanjutnya data pada sel yang dipilih akan terhapus.

Jika ingin menghapus data yang mempunya format tertentu maka dapat dilakukan dengan memilih menu Edt>>Clear kemudian pilih kondisi yang diinginkan, yaitu sebagai berikut.
a. All, menghapus data dan format tampilannya.
b. Format, menghapus format tampilannya saja tanpa menghapus data pada sel tersebut.
c. Contents Del, menghapus data tanpa menghapus format pada sel tersebut.
d. Comments, menghapus komentar pada sel tersebut.

4)Bekerja dengan Sel
Untuk memblok beberapa sel sekaligus,dapat melakukan melalui langkah-langkah berikut .
1. Tekan tombol Shift dan tombol panah.
2. Tahan tombol Shift dan jangan dilepas samapai semua sel yang ingin ddi blok sudah terpilih semua.
3. Setelah semua sel telah dipilih atau berubah warna menjadi gelap, lepaskan tombol.

5)Menyimpan Lembar Kerja
Untuk menyimpan buku kerja dapat dilakukan dengan cara berikut .
1. Pilih menu File>>Save.
2. Selanjutnya, apabila buku kerja baru belum pernah tersimpan maka akan menampilkan kotak dialog Save As. Pilih lokasi penyimpanan buku kerja pada kotak Save in. Mislanya, buku kerja akan disimpan pada My Documents.
3. Masukan nama buku kerja pada kotak File name.
4. Kemudian dapat memilih jenis format file yang akan disimpan pada kotak pilihan Save as type. Selanjutnya, untuk menyimpan buku kerja tekan tombol Save.

B. Menggabungkan Dua Lembar Kerja atau Lebih

Untuk menggabungkan beberaopa lembar kerja sekaligus dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut .
1. Pilih tab lembar kerja, misalnya sheet 1.
2. Tekan tombol Shift pada keyboard dan tahan kemudian pilih tab lembar kerja yang diinginkan yang akan dibuka secara bersamaan dengan lembar kerja sebelumnya. Sebagai contoh, dipilih sheet 2.
3. Sel;anjutnya, tab sheet 2 akan berubah warna menjadi putih dan pada title bar atau judul buku kerja akan tertulis Group. Hal ini menandakan bahwa lembar kerja tersebut telah terpilih bersamaan dengan sheet 1.
4. Selanjutnya, setelah terpilih dua lembar kerja sekaligus, dapat membuat laporan di manan laporan ini akan tertulis pada sheet 1 dan sheet 2. Untuk menulis pada lembar kerja saja karena apapun yang tertulis pada sheet 1 akan tertulis juga pada sheet 2, begitu juga sebaliknya.

C. Memasukkan Teks, Tanggal, dan Bilangan

1. Memasukkan Data Teks
Untuk mengatur format teks dapat dilakukan melalui menu Format dengan cara sebagai berikut .
o Pilih atau blok sel yang akan diformat.
o Pilih menu Format>>Cells atau dengan menekan tombol Ctrl + 1 pada keyboard.
o Setelah kotak dialog Format Cells muncul, pilih tab Font.
o Pilih dan tentukan format teks yang diinginkan.

2. Memasukkan Data Tanggal dan Waktu
Untuk mengubah format tanggal dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut
o Pilih sel di mana akan dilakukan perubahan format. Pilij atau blok sel tersebut apabila sel yang dibutuhkan lebih dari satu sel.
o Pilih menu Format>>Cells atau dengan menekan tombol Ctrl + 1 pada keyboard. Selanjutnya, akan ditampilkan kotak dialog Format Cells.
o Pilih tab Number, pad kotak pilihan Category pilih Date.
o Selanjutnya, pad kotak piliahan Type akan ditampilkan format tanggal yang tersedia, pilih format tanggal yang diinginkan kemudian klik tombol OK.
Untuk memformat waktu sama denag mengubah format tanggal, yaitu sebagai berikut .
o Pilih menu Format>>Cells atau dengan menekan tombol Ctrl + 1.
o Pada kotak dialog Format Cells, klik tab numbr. Selanjutnya, pada kotak pilihan Category ppilih Time. Pad kotak piliahan Typer akan ditampilkan bentuk format tampilan waktu yang dapat dipilih. Pilih format waktu yang diinginkan.
o Untuk mengubah data jenis waktu dapat dilkukan dengan mengetikkan angka kemudian dibatasi dengan titik dua.

3. Memasukkan Data Bilangan
Untuk mengubah format data angka, dapat melakukan langkah-langkah berikut .
 Pilih sel dimana akan dilakukan perubahan format. Pilih atau blok sel tersebut apabila sel yang dibutuhkan lebih dari satu sel.
 Pilih menu Format>>Cells atau dengan menekan tombol Ctrl + 1 pada keyboard. Selanjutnya, akan ditampilkan kotak dialog Format Cells.
 Pilih tab Number dan pad kotak pilihan Category, pilih Number.
 Selanjutnya, pada kotak pilihan Deciamal places dapat ditentukan jumlah angka decimal di belakang koma yang akan ditampilkan.
 Pada kategori Number, dapat menampilkan tanda pemisah ribuan dengan memilih kotak Use 1000 Separator (,).
 Untuk mengubah tampilan angka negatif, dapat diubah melalui daftar pilihan Negative numbers denagn memilih format tampilan angka negatif yang akan digunakan.
 Untuk mengubah format simbol mata uang, dapat dilakukan melalui pilihan Currency atau Accounting pada kotak pilihan Category. Hal ini dilakukan dengan memilih simbol mata unag yang akan digunakan pada daftar pilihan Symbol. Selanjutnya, untuk memasukkan data, hanya dengan mengetikkan angkanya saja tanpa mengetikkan simbol mata uang.

D. Memfomat Sel
1. Format Alignment
Untuk mengatur perataan tampilan data pada suatu sel.
2. Format Border
Untuk mengatur garis pembatas antarsel.
3. Format Color dan Pattern
Untuk mengatur pemberian warna dan latar belakang dari suatu sel yang dipilih.
4. Format Protection
Untuk menjaga agar data pada sel tidak diubah oleh pihak lain.

E. Menggabungkan Sel

Penggabungan dua atau lebih sel dapat dilakukan secara horisontal, vertikal, maupun gabungan keduanya. Penggabungan beberapa sel akan menghilangkan batas kolom dan baris dari sel tersebut dan sebagai gantinya sel-sel tersebut akan berupa suatu sel yang lebih panjang atau lebih lebar.

F. Memformat Baris dan Kolom
* Mengatur Tinggi Baris
* Mengatur lebar kolom
* Menyembunyikan baris atau kolom

G. Memindahkan dan Menyalin Data

1. Memindahkan Data
Untuk menghapus dan memindahkan data, digunakan perintah Cut dan Paste.
2. Menyalin Data
Untuk menyalin data digunakn perintah Copy dan Paste.

7. Mengidentifikasikan Perangkat Lunak Lembar Kerja Beserta Fungsi Ikon dan Menunya

A. Manfaat Lembar Kerja


Microsoft Corporation telah mengeluarkan beberapa versi program aplikasi Microsoft Office terdapat program aplikasi spreadsheet, yaitu Microsoft Excel yang kita gunakan untuk membantu dalam melakukan pengolahan angka-angka untuk membantu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita pada bidang administrasi, akuntansi, perbankan, statistic, bisnis, dan bidang lainnya.
Microsoft Excel juga dilengkapi kemampuan untuk menghitung dengan menggunakan rumus, membuat grafik, fasilitas hyperlink yang digunakan untuk membuka dan mengaktifkan data atau informasi yang terdapat pada lembar kerja maupun file yang berbeda, bahkan yang terdapat pada web tertentu.
Kegunaan Microsoft Excel :
1. Mampu menghitung data table dengan menggunakan rumus formula.
2. Untuk menganalisa data keuangan dan statistic.
3. Membuat diagram dan grafik dari sebuah table.


B. Cara mengaktifkan program Microsoft Excel, yaitu:
* Klik start
* Pilih All Programs
* Pilih Microsoft Excel atau double klik icon Microsoft Excel pada Desktop.


Keterangan lembar kerja pada Lembar Kerja, yaitu:
Menu Bars → Kumpulan menu yang terdapat pada aplikasi Microsoft Excel.

Sembilan Menu Bars pada Microsoft Excel yaitu:
1. Menu Bars File yaitu fasilitas untuk mengatur hasil lembar kerja.
No Nama Icon File Fungsinya:
1. New Membuat Lembar Kerja Baru
2. Open Membuka Lembar Kerja Yang telah kita simpan
3. Close Menutup Lembar Kerja
4. Save Menyimpan Lembar Kerja yang telah kita buat
5. Save As Menyimpan Lembar Kerja yang telah kita buat
6. Page Setup, Margin Mengatur lembar Kerja kita pada ukuran Kertas seperti atas, bawah, kanan, dan kiri
7. Page Setup, Orientation Bentuk ketikan atau hasil kertas
8. Page Setup, Paper Size Mengatur Lembar Kerja kita pada ukuran kertas
9. Print Preview Mengatur Lembar Kerja untuk kita print/cetak
10. Print Memprint / mencetak hasil Lembar Kerja kita
11. Exit Keluar dari Lembar kerja kita


2. Menu Bars Edit, yaitu fasilitas untuk membatalkan / editing teks.

No. Nama Icon Menu Edit Fungsinya
1. Can’t Undo Mengulang pekerjaan kita pada lembar kerja
2. Cut Memindahkan Pekerjaan kita pada lembar kerja
3. Copy Mengcopy pekerjaan kita pada lembar kerja
4. Paste Menampilkan pekerjaan yang telah kita copy dan kita cut
5. Delete Menghapus pekerjaan kita pada lembar kerja
6. Delete Sheet Menghapus lembar kerja yang aktif

3. Menu Bars View, Toolbars (Fasilitas untuk mengubah tampilan layar), yaitu :
Toolbars Standard → Fasilitas yang biasanya kita gunakan untuk membuat dokumen sampai proses pencetakan.
No. Toolbars Standard Fungsinya
1. New Membuat Lembar Kerja Baru
2. Open Membuka Lembar Kerja Yang telah kita simpan
3. Save Menyimpan Lembar Kerja yang telah kita buat
4. Print Memprint / mencetak hasil Lembar Kerja kita
5. Print Preview Mengatur Lembar Kerja untuk kita print/cetak
6. Cut Memindahkan Pekerjaan kita pada lembar kerja
7. Copy Mengcopy pekerjaan kita pada lembar kerja
8. Paste Menampilkan pekerjaan yang telah kita copy dan kita cut
9. Format Painter Mengatur hasil gambar
10. Undo Mengulang pekerjaan kita pada lembar kerja
11. Auto Sum Menghitung hasil jumlah dari sebuah data
12. Sort Ascending Mengurutkan data dari abjad / huruf A-Z
13. Sort Descending Mengurutkan data dari abjad / huruf Z-A
14. Chart Membuat Grafik
15. Drawing Menampilkan toolbars drawing / gambar bangun datar
16. Zoom Mengatur tanpilan layar yang sedang aktif


4. Menu Bars Insert → Fasilitas untuk membuat / menyisipkan sel, kolom, baris, grafik dan lainnya.
No. Nama Icon Menu Insert Fungsinya
a. Cells Menyisipkan / menambah sel kanan / dibawah
b. Rows Menyisipkan / menambah sel baris di atas kursor
c. Columns Menyisipkan / menambah sel kolom di kiri kursor
d. Work Sheet Menyisipkan / menambah Lembar kerja
e. Chart Menyisipkan / membuat grafik
f. Function Letak / tempat untuk menuliskan rumus formula
g. Page Break Memberi batas halaman
h. Picture Membuat gambar

5. Menu Bars Format → Fasilitas untuk mengatur format dasar dari lembar kerja
No. Nama icon Menu Format Fungsinya
a. Format, Cells, Number, Category Currency Memberi angka decimal dan symbol mta uang Rupiah (Rp) Indonesia
b. Format , Cells, Alignment Membuat / menggabung beberapa sel ( kolom / baris) menjadi satu sel saja.
c. Format, Rows Mengatur ukuran baris
d. Format, Column Mengatur ukuran kolom
Toolbar Formatting → Fasilitas yang biasanya kita gunakan untuk mengatur posisi dan tampilan huruf / teks.
No. Toolbars Font Formatting Fungsinya
1. Font Mengubah Jenis Huruf / teks
2. Font Size Mengubah ukuran huruf / teks
3. Bold Menebalkan huruf / teks
4. Italic Membuat huruf / teks menjadi miring
5. Underline Membuat garis bawah pada teks / huruf
6. Align Left Membuat rata kiri pada teks / huruf
7. Center Membuat rata tengah pada teks / huruf
8. Align Right Membuat rata kanan pada teks / huruf
9. Merge and Center Posisi teks berada di tengah berapa sel kolom / baris
10. Currency Style Memberi satuan mata uang pada sel data angka
11. Percent Style Memberi keterangan presentase pada sel data
12. Comma Style Memberi nilai / angka decimal pada sel data
13. Increase Decimal Mengurangi angka decimal
14. Decrease Decimal Menambah angka decimal
15. Decrease Indent Memajukan teks ke kiri kursor
16. Increase Indent Memajukan teks ke kanan kursor
17. Border Memberi garis tepi / bingkai pada sel table
18. Fill Colors Memberi warna / latar belakang sel table
19. Font Color Memberi warna huruf / teks


6. Menu Bars Tools → Fasilitas yang digunakan untuk melakukan pengecekan ejaan, pengaturan lembar kerja agar dapat digunakan oleh pengguna computer lain dalam satu jaringan secara bersama-sama, dan pengaturan setting program Microsoft Excel.

7. Menu Bars Data → Fasilitas yang digunakan untuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja.

8. Menu Bars Window → Fasilitas yang digunakan untuk mengatur jendela kerja dari Microsoft Excel yang sedang aktif.

9. Menu Bars Help → Fasilitas yang digunakan untuk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja dengan Microsoft Excel.


D. Ikon pada Microsoft Excel

Ikon-ikon diwakili dengan simbol atau gambar yang merupakan gambaran dari suatu perintah. Sebagai contoh, ikon print digambarkan dengan gambar printer. Ikon-ikon pada Microsoft Excel dikelompokkan dalam toolbar, dimana secara default toolbar yang ditampilkan oleh Microsoft Excel, yaitu toolbar Standard dan toolbar Formating yang terletak di bawah menu bar.
Ikon-ikon pada toolbar Standard terdiri dari fungsi-fungsi dasar dari Microsoft Excel.
toolbar Formating terdiri atas ikon-ikon yang berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah untuk mengatur format dasar dari dokumen.

Kamis, 03 Desember 2009

6. MEMBUAT HOMEPAGE INTERAKTIF

A. Memprogram Web

1. Persiapan Software

Untuk membuat homepage interaktif engunakan beberapa software dengan sistem
operasi,

Internet Information Services (IIS), Microsoft Access, Microsoft FrontPage,
Microsoft Internet Explorer, dan komponen Open DataBase Connectivity (ODBC)

a. Sistem Operasi
menggunakan Windows XP Professional. Selain itu dapat menggunakan Windows NT,
Windows 2000, dan Windows 2003

b. Komponen IIS pada Windows XP
Jika belum terdapat IIS pada komputer lakukan penginstalan dengan menggunakan
CD

instaler Windows XP Professional. Fungsi IIS sebagai web server. Web server
terkenal di dunia contohnya Apache dan IIS. Dengan menggunakan IIS kita tidak
perlu melakukan konfigurasi atau pemasangan secara manual.

Langkah-langkah menginstal:

-masukkan CD installer Windows XP Professional ke dalam CD-ROM
-aktifkan Control Panel melalui tombol Start-Control Panel. PIlih Add or
Remove Programs
-pada jendela Add or Remove Programs, pilih Add/Remove Windows Components
-pilih Internet Information Services (IIS) pada kotak dialog Windows
Components Wizard pertama. Pilih semua komponen yang tersedia lalu tekan OK.
Lalu tekan Next
-proses instalasi akan dilakukan. Untuk mencari lokasi file tekan tombol
Browse. Lalu tekan OK
-tekan tombol Finish
-lakukan proses restart pada komputermu
-untuk melihat apakah komponen IIS terinstal aktifkan Control Panel pilih
Performance and Maintenance-Administrative Tools dengan cara klik 2 kali.
Pada jendela Administrative Tools terlihat komponen Internet Services. Klik 2
kali.
-akan ditampilkan jendela Internet Information Services dengan berbagai
komponen

c. Microsoft FrontPage
untuk merancang homepage

d. Microsoft Access
untuk membuat database

e. Microsoft Internet Explorer
untuk melakukan pengujian dan pengaksesan homepage interaktif yang telah
dibuat. Selain Microsoft Internet Explorer dapat juga menggunakan Mozilla
Firefox, Netscape, atau Opera

f. Komponen Open DataBase Connectivity
untuk melakukan koneksi dari program komputer ke database. Komponen ini sudah
tersedia pada Windows XP. Untuk pengaksesan klik tombol start-Control
panel-Administrative Tools-Data Sources (ODBC).

Salah satu keluhan utama pengguna Microsoft adalah penggunaan database yang
membingungkan. Pada awalnya kita hanya dapat menggunakan Open DAtaBAse
Connectivity (ODBC) Application Programming Interface (API) yang tidak mudah
digunakan dalam lingkungan VIsual Basic. ODBC suatu spesifikasi untuk database
API. API adalah standar yang didukung berbagai vendor, termasuk Oracle,
Informix, Sybase, dan Microsoft. Driver untuk database ini disediakan baik
oleh vendor maupun perusahaan pihak ketiga seperti Intersolv

2. Persiapan Direktori Kerja

-aktifkan Widows Explorer
-buat satu direktori dalam drive C dengan nama misalkan SMUKU-INT
-buat subdirektori image, css, dan database dalam direktori tersebut

3. Persiapan Skenario User Interface

Skenario form dibuat untuk memberikan gambaran apa yang akan dikerjakan. Terdapat
dua form dengan fungsi sebagai form untuk memasukkan dan menampilkan data siswa
dari
database.

Tipe data untuk merepresentasikan penyimpanan data dalam database yang disediakan
Microsoft Access
:

a. Text, merepresentasikan data yang berbentuk gabungan huruf, angka, dan
karakter
khusus.
b. Number, merepresentasikan data yang berbentuk angka
c. Date, merepresentasikan data yang berbentuk tanggal
d. Memo, merepresentasikan data yang berbentuk teks, dan jumlahnya sangat banyak
e. Currency, merepresentasikan data yang mempunyai format currency atau mata uang
f. Auto Number, merepresentasikan data yang akan ditangani oleh sistem berupa
angka
g. OLE object, merepresentasikan data yang berupa gabungan dari objek-objek yang
dibuat Microsoft
h. Hyperlink, merepresentasikan data yang berupa link atau hubungan ke website
atau tempat lain

Ikon toolbar Form Microsoft FrontPage

-Form, membuat form dalam satu halaman
-TextBox, merepresentasikan input berupa teks, numerik, atau date
-Scrolling TextBox, merepresentasikan input berupa teks yang panjang
-Check Box, merepresentasikan pilihan ya atau tidak
-Radio Button, merepresentasikan pilihan ya auat tidak
-Combo Box, merepresentasikan data yang berupa pilihan terbatas
-Push Button, merepresentasikan sebuah tindakan yang akan dilakukan jika tombol
ditekan
-Picture, merepresentasikan sebuah gambar dalam homepage
-Label, merepresentasikan tulisan

4.Persiapan Komponen IIS

cara pengaksesan IIS

-pilih tombol start-Control Panel
-pilih Administrative Tools pada jendela Control Panel lalu pilih Internet
Information Services
-klik nama komputer lalu pilih Web Sites dan klik Default Web Site

Terdapat dua cara menampilkan informasi homepage melalui IIS:
a. menggunakan port (hanya dapat digunakan pada IIS dalam Windows NT, Windows
2000, Windows 2003
b. menggunakan direktori virtual

a. langkah pengaksesan port

-klik kanan Web Sites, klik New Web Sites, pilih port
-gunakan port sembarang antara 2000-65500
-jangan menggunakan port 80
-pengaksesan dengan menggunakan port 8080
.stand alone computer-http://localhost:8080/namafile.htm
.intranet-http;//namakomputer:8080/namafile.htm
.internet-http://www.namadomain.com:8080/naamfile.htm


b. Pengaksesan menggunakan direktori virtual

1. klik kanan Default Web Site, pilih New –Virtual Directory
2. akan ditampilkan Virtual Directory Creation Wizard pertama. Tekan Next
3. Pada Virtual Directory Creation Wizard kedua untuk mengisi alias direktori,
ketikkan SMUKU-INT. Lalu tekan Next
4. akan ditampilkan wizard untuk memasukkan direktori yang akan digunakan. Tekan
tombol Browse untuk masukkan C:\SMUKU-INT lalu tekan Next
5. Pada wizard yang menampilkan access permission, tekan Next
6. tekan tombol Finish
7. Pada jendela Internet Information Services terlihat bahwa direktori virtual sudah berhasil dibuat
8. Pengaksesan dengan menggunakan direktori virtual SMUKU-INT:
-komputer local-http://localhost/SMUKU-INT/datasiswa.htm
-intranet-http://namakomputer/SMUKU-INT/datasiswa.htm
-internet-http://www.namadomain.com/SMUKU-INT/datasiswa.htm



5. Pemilihan Bahasa Pemrograman

Microsoft Active Server Pages (ASP) merupakan bahasa pemrograman yang secara
otomatis disediakan oleh Microsoft jika kita menggunakan IIS dengan Windows,
seperti Windows Server 2003, Windows XP, Windows NT, dan Windows 2000.
ASP merupakan suatu skrip yang ditambahkan pada halaman HTML untuk
membuat web menjadi lebih menarik, dinamis, dan interaktif. Server side berarti
proses pengerjaan skrip berlangsung di server bukan di browser atau client.Karena
bersifat server side, maka untuk dapat dijalankan pada sebuah PC biasa yang
berbasis Windows, PC tersebut perlu disimulasikan menjadi sebuah web server
dengan menginstal Microsoft Personal Web Server (PWS) atau Microsoft Internet
Information Services (IIS). Bahasa skrip standar yang digunakan ASP adalah
Microsoft VBScript dan Microsoft Jscript. Jika tidak dinyatakan sendiri maka
secara default skrip yang digunakan adalah Microsoft VBScript. Kamu dapat
mengubah default tersebut dengan menambahkan perintah



Alasan utama penggunaan bahasa pemrograman ASP:
a. tersedia secara gratis
b. struktur bahasanya mudah dipelajari
c. mampu berkomunikasi dengan bahasa pemrograman lain
d. mempunyai respons request data dengan cepat
e. untuk menggunakannya kita hanya tinggal meletakkan kode pemrograman pada
halaman homepage yang akan kita program


Sebuah file ASP merupakan file text only yang di dalamnya berisi teks, tag HTML,
dan skrip ASP. File ASP sebenarnya file HTML biasa yang ke dalamnya
ditambahkan skrip ASP. Jika file HTML mempunyai eksistensi .htm atau .html
maka jika sudah diberi skrip ASP tinggal diubah menjadi .asp. Untuk membedakan
antara teks, tag HTML, dan skrip ASP digunakan suatu tanda disebut
delimiter(suatu karakter atau kumpulan karakter yang mengawali dan mengakhiri
suatu tag atau skrip)


a.Deklarasi Variabel
VBScript mempunyai beberapa pernyataan yang digunakan untuk pendeklarasian variable yaitu dim, private, dan public. Perbedaannya pada ruang lingkup yang digunakan. Jika menggunakan dim atau private maka variabelnya bersifat local, bila public variabelnya bersifat global.


b.Blok Kode ASP
ASP selalu diawali dengan blok . Dalam kedua blok tersebut sintaks atau kode ASP dituliskan


c.Statement input
Sintaks 1- Request.Form()
Sintaks 2- Request.queryString(
url>)
Request.Form untuk mengambil nilai dari elemen-elemen form HTML, sedangkan Request.QueryString digunakan untuk mengambil nilai variabel HTTP query string ditandai dengan karakter tanda Tanya (?) dan biasanya terletak di belakang penulisan alamat URL


d.Statement Output
Digunakan untuk mengatur output yang akan dikirimkan ke browser. Metode yang digunakan metode write dan redirect.


e.Statement Logika
Sintaks logika untuk ASP sama dengan sintaks logika bahasa pemrograman Visual Basic.


f.Statement Looping
Sintaks looping untuk ASP juga sama dengan sintaks looping atau perulangan pada bahasa pemrograman Visual Basic


g.Operasi Pengaksesan Data
Sintaks pengaksesan data juga sama dengan Visual Basic


h.Cara Kerja ASP
Misalnya kita mengakses halaman ASP dari sebuah website http://www.namadomain.com/indeks.asp. halaman tersebut akan diload ke browser internet explorer dalam bentik HTML setelah terlebih dahulu web server menerjemahkan atau mengcompile semua kode yang terdapat dalam blok pada file indeks.asp. Semua kode ASP yang terdapat dalam file akan hilang dan diganti dengan value yang dikembalikan dari database

B. Memprogram DataBase Web Interaktif


1. Pembuatan Database
a. aktifkan Microsoft Access. Buat database data siswa dan simpan dalam
C:\SMUKU-INT\
b. buat satu table dengan nama datasiswa dengan struktur isi table


2. Pembuatan Data Source Name (DSN)
a. tekan tombol start-Control Panel-Performance and Maintenance
AdministrativeTools-Data Source
b. akan ditampilkan kotak dialog ODBC Data Source Administrator, pilih tab
System DSN
c. klik tombol Add, pilih Microsoft Access Driver kemudian tekan Finish
d. pada kotak dialog ODBC Microsoft Access Setup isi kotak data Source Name
dengan data siswa dan kotak description dengan data siswa, tekan tombol
Select untuk memasukkan database selanjutnya tekan OK


3. Pemrograman
Dilakukan setelah kita menyelesaikan pembuatan DSN. Untuk pemrograman ini
akan ditampilkan halaman HTML dan halaman modifikasi menjadi ASP.

a.Programming halaman pertama yaitu pembuatan halaman datasiswa.htm
b.Lakukan modifikasi terhadap halaman datasiswa.htm dengan memasukkan kod
ASP pada bagian awal halaman sebelum tag
c.Simpan file dengan nama datasiswa.asp
d.Programming halaman kedua yaitu pembuatan halaman lihatdatasiswa.htm.
buka kembali halaman lihatdatasiswa.htm pada Microsoft FrontPage
e.Selanjutnya akan dilakukan modifikasi terhadap halaman lihatdatasiswa.htm
dengan memasukkan kode ASP
f.Simpan file dengan nama lihatdatasiswa.asp


4. Pengujian (Testing)
Testing ini akan memberitahukan kepada kita apabila terdapat kesalahan
dalam coding yang kita lakukan. Ditampilkan dalam browser yang kita akses.
Jika tidak terdapat kesalahan maka kita dapat mengetahui bahwa data tersebut
sudah tersimpan dalam database.



Pemilihan Bahasa Pemograman.
Microsoft Active Server Pages (ASP) merupakan bahasa pemograman yang secara otomatis disediakan oleh Microsoft jika kita menggunakan IIS.
a. Deklarasi Variabel
b. Blok kode ASP
c. Statement Input
d. Statement output
e. Statement Logika
f. Statement looping
g. Operasi pengakses data
h. Cara kerja ASP



Memprogram Web

1. Persiapan Software
Untuk membuat homepage interaktif engunakan beberapa software dengan sistem
operasi,
Internet Information Services (IIS), Microsoft Access, Microsoft FrontPage,
Microsoft Internet Explorer, dan komponen Open DataBase Connectivity (ODBC)

a. Sistem Operasi
menggunakan Windows XP Professional. Selain itu dapat menggunakan Windows NT,
Windows 2000, dan Windows 2003

b. Komponen IIS pada Windows XP
Jika belum terdapat IIS pada komputer lakukan penginstalan dengan menggunakan
CD
instaler Windows XP Professional. Fungsi IIS sebagai web server. Web server
terkenal di dunia contohnya Apache dan IIS. Dengan menggunakan IIS kita tidak
perlu melakukan konfigurasi atau pemasangan secara manual.

Langkah-langkah menginstal:
-masukkan CD installer Windows XP Professional ke dalam CD-ROM
-aktifkan Control Panel melalui tombol Start-Control Panel. PIlih Add or
Remove Programs
-pada jendela Add or Remove Programs, pilih Add/Remove Windows Components
-pilih Internet Information Services (IIS) pada kotak dialog Windows
Components Wizard pertama. Pilih semua komponen yang tersedia lalu tekan OK.
Lalu tekan Next
-proses instalasi akan dilakukan. Untuk mencari lokasi file tekan tombol
Browse. Lalu tekan OK
-tekan tombol Finish
-lakukan proses restart pada komputermu
-untuk melihat apakah komponen IIS terinstal aktifkan Control Panel pilih
Performance and Maintenance-Administrative Tools dengan cara klik 2 kali.
Pada jendela Administrative Tools terlihat komponen Internet Services. Klik 2
kali.
-akan ditampilkan jendela Internet Information Services dengan berbagai
komponen

c. Microsoft FrontPage
untuk merancang homepage

d. Microsoft Access
untuk membuat database

e. Microsoft Internet Explorer
untuk melakukan pengujian dan pengaksesan homepage interaktif yang telah
dibuat. Selain Microsoft Internet Explorer dapat juga menggunakan Mozilla
Firefox, Netscape, atau Opera

f. Komponen Open DataBase Connectivity
untuk melakukan koneksi dari program komputer ke database. Komponen ini sudah
tersedia pada Windows XP. Untuk pengaksesan klik tombol start-Control
panel-Administrative Tools-Data Sources (ODBC).
Salah satu keluhan utama pengguna Microsoft adalah penggunaan database yang
membingungkan. Pada awalnya kita hanya dapat menggunakan Open DAtaBAse
Connectivity (ODBC) Application Programming Interface (API) yang tidak mudah
digunakan dalam lingkungan VIsual Basic. ODBC suatu spesifikasi untuk database
API. API adalah standar yang didukung berbagai vendor, termasuk Oracle,
Informix, Sybase, dan Microsoft. Driver untuk database ini disediakan baik
oleh vendor maupun perusahaan pihak ketiga seperti Intersolv


2. Persiapan Direktori Kerja
-aktifkan Widows Explorer
-buat satu direktori dalam drive C dengan nama misalkan SMUKU-INT
-buat subdirektori image, css, dan database dalam direktori tersebut


3. Persiapan Skenario User Interface
Skenario form dibuat untuk memberikan gambaran apa yang akan dikerjakan. Terdapat
dua form dengan fungsi sebagai form untuk memasukkan dan menampilkan data siswa
dari
database.

Tipe data untuk merepresentasikan penyimpanan data dalam database yang disediakan
Microsoft Access:
a. Text, merepresentasikan data yang berbentuk gabungan huruf, angka, dan
karakter
khusus.
b. Number, merepresentasikan data yang berbentuk angka
c. Date, merepresentasikan data yang berbentuk tanggal
d. Memo, merepresentasikan data yang berbentuk teks, dan jumlahnya sangat banyak
e. Currency, merepresentasikan data yang mempunyai format currency atau mata uang
f. Auto Number, merepresentasikan data yang akan ditangani oleh sistem berupa
angka
g. OLE object, merepresentasikan data yang berupa gabungan dari objek-objek yang
dibuat Microsoft
h. Hyperlink, merepresentasikan data yang berupa link atau hubungan ke website
atau tempat lain

Ikon toolbar Form Microsoft FrontPage
-Form, membuat form dalam satu halaman
-TextBox, merepresentasikan input berupa teks, numerik, atau date
-Scrolling TextBox, merepresentasikan input berupa teks yang panjang
-Check Box, merepresentasikan pilihan ya atau tidak
-Radio Button, merepresentasikan pilihan ya auat tidak
-Combo Box, merepresentasikan data yang berupa pilihan terbatas
-Push Button, merepresentasikan sebuah tindakan yang akan dilakukan jika tombol
ditekan
-Picture, merepresentasikan sebuah gambar dalam homepage
-Label, merepresentasikan tulisan


4.Persiapan Komponen IIS

cara pengaksesan IIS
-pilih tombol start-Control Panel
-pilih Administrative Tools pada jendela Control Panel lalu pilih Internet
Information Services
-klik nama komputer lalu pilih Web Sites dan klik Default Web Site

Terdapat 2 cara menampilkan informasi homepage melalui IIS
a. menggunakan port (hanya dapat digunakan pada IIS dalam Windows NT, Windows
2000, Windows 2003
b. menggunakan direktori virtual

a. langkah pengaksesan port
-klik kanan Web Sites, klik New Web Sites, pilih port
-gunakan port sembarang antara 2000-65500
-jangan menggunakan port 80
-pengaksesan dengan menggunakan port 8080
.stand alone computer-http://localhost:8080/namafile.htm
.intranet-http;//namakomputer:8080/namafile.htm
.internet-http://www.namadomain.com:8080/naamfile.htm

b. Pengaksesan menggunakan direktori virtual
1. klik kanan Default Web Site, pilih New –Virtual Directory
2. akan ditampilkan Virtual Directory Creation Wizard pertama. Tekan Next
3. Pada Virtual Directory Creation Wizard kedua untuk mengisi alias direktori,
ketikkan SMUKU-INT. Lalu tekan Next
4. akan ditampilkan wizard untuk memasukkan direktori yang akan digunakan. Tekan
tombol Browse untuk masukkan C:\SMUKU-INT lalu tekan Next
5. Pada wizard yang menampilkan access permission, tekan Next
6. tekan tombol Finish
7. Pada jendela Internet Information Services terlihat bahwa direktori virtual sudah berhasil dibuat
8. Pengaksesan dengan menggunakan direktori virtual SMUKU-INT:
-komputer local-http://localhost/SMUKU-INT/datasiswa.htm
-intranet-http://namakomputer/SMUKU-INT/datasiswa.htm
-internet-http://www.namadomain.com/SMUKU-INT/datasiswa.htm

Selasa, 01 Desember 2009

5. MEMBUAT HOMEPAGE SEDERHANA



MEMBUAT HOMEPAGE SEDERHANA

* Tiga tools atau alat Bantu yang digunakan untuk membantu pengembangan homepage, yaitu editor HTML, graphics, dan multimedia animasi dan suara.

* HTML merupakan bahasa markup sederhana yang digunakan untuk membuat dokumen hypertext yang bersifat portable dari satu platform ke platform lain.

* Image editor atau image editing digunakan untuk menciptakan dan memanipulasi file-file gambar menggunakan computer.

* Hyperlink digunakan sebagai alat navigasi halaman pada homepage.

* Tag merupakan elemen dalam HTML yang merupakan perintah perintah kepada webbrowser untuk menampilkan teks, gambar, atau link. Tag dimulai dengan karakter <>.

* CSS (Cascading Style Sheet) merupakan sebuah file yang berisi sekumpulan perintah untuk memformat bagaimana sebuah halaman web ditampilkan oleh web browser.

* Untuk dapat mempublikasikan homepage yang telah dibuat melalui internet, kita perlu mempunyai alamat internet yang disebu domain.

* Nama domain sangat spesifik atau bersifat unik.

* Setelah memiliki domain, halaman web yang telah dibuat harus di-upload ke internet agar dapat diakses oleh banyak orang.

* Web yang telah dipublikasikan di internet perlu untuk diperbaiki dan direvisi secara berkala untuk menjaga sajian informasi yang actual dan terpercaya.



CARA MEMBUAT HOMEPAGE

Bermacam-macam langkah yang digunakan profesi web kita untuk membuat suatu homepage. Berikut ini adalah proses secara umum yang dilakukan kebanyakan profesi web di Indonesia untuk membuat web.

1. Membuat Sketsa Desain : Desainer bisa saja menuangkan ide dalam membuat interface suatu homepage dalam bentuk sketsa di kertas dahulu. Untuk kebanyakan orang, biasanya langkah ini dilewatkan dan langsung pada langkah membuat layout desain dengan menggunakan software.

2. Membuat Layout Desain : Setelah sketsa sudah jadi, kita menggunakan software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Fireworks dan Macromedia Freehand untuk memperhalus sketsa desain.

3. Membagi gambar menjadi potongan kecil-kecil : Setelah layout desain homepage sudah jadi. File gambarb tersebut dipecah menjadi potongan kecil-kecil untuk mengoptimize waktu download. Untuk melakukan hal tersebut dapat menggunakan software Adobe Image Ready. Software ini dapat langsung memotong gambar yang besar tadi dan otomatis juga menjadikannya ke dalam format html. Langkah ini bisa saja dilewatkan bila ukuran gambar kita tidak terlalu besar.

4. Membuat Animasi : Animasi diperlukan untuk menghidupkan homepage kita agar menarik pengunjung. Macromedia Flash dan Gif Construction Set dapat dipakai untuk melakukan hal tersebut.

5. Membuat HTML : Setelah itu kita merapikan layout desain kita seperti menempatkan beberapa tombol dan gambar, menambah text, mengedit script HTML, membuat layout form ke dalam format HTML. Untuk itu kita perlu software HTML Editor seperti Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage dan Allaire Homesite.

6. Programming dan Script : Untuk website e-commerce, iklan baris, lelang, database, membuat guestbook, counter dan forum diskusi. File HTML kita perlu programming untuk melakukan aktivitas semacam itu. Programming dan script ini bisa dibuat dengan menggunakan ASP, Borland Delphy, CGI, PHP, Visual Basic. Dan perlu diperhatikan bahwa programming dan script ini biasanya dilakukan setelah desain homepage kita telah jadi.

7. Upload HTML : Setelah file kita telah menjadi html beserta gambar dan scriptnya. Kita perlu meng-upload file kita ke suatu tempat ( hosting ), agar semua orang di dunia dapat mengakses halaman html kita. Biasanya Macromedia Dreamweaver dengan fasilitas site FTP dan Microsoft Frontpage dengan Publishnya telah menyediakan fasilitas upload ini. Atau dapat menggunakan software seperti WS-FTP, Cute FTP, Bullet FTP.

8. Homepage Pribadi : Untuk homepage pribadi atau yang sekedar ingin coba-coba biasanya setelah file html sudah jadi dapat hosting di tempat-tempat gratis, memakai guestbook dan counter gratis dan menambah macam-macam accesories dalam mempercantik homepage pribadi tersebut.

4. MENCARI INFORMASI DAN BERKOMUNIKASI MELALUI INTERNET


A. Melakukan Pelayanan Internet Dalam Akses Informasi dan Komunikasi untuk Menyelesaikan Tugas-tugas dari Guru

Melakukan pencarian informasi menggunakan situs sesuai dengan mata pelajaran yang diberikan :
ü www.chem-is-try.org
Membahas mengenai ilmu kimia
ü www.ilmukomputer.com
Membahas mengenai ilmu koputer
ü www.fisika.lip.go.id
Membahas mengenai ilmu pengetahuan tentang fisika
ü www.invir.com
Membahas contoh ujian atau ebtanas.
Melakukan pencarian informasi menggunakan Search Engine. Search engine yang dapat kamu gunakan antara lain :
v Google
v Yahoo
v Alta Vista
v Alltheweb
v Lycos
v Excite
v Web crawler
Agar pencarian yang kamu lakukan melalui Google lebih efektif dan relevan, Google memfasilitaskan diri dengan bantuan filterisasi atau penyarian simbol matematika, tanda kutip, tanda (~), dan simbol boolean.
A. Simbol matematika tanda plus (+)
Tanda plus (+) bekerja apabila kamu ingin mencari berbagai dokumen yang mempunyai kata kunci lebih dari satu kata. Contoh :
+Italia+football+player+name+world+cup+2006

Jika semakin banyak tanda Plus (+) maka semakin spesifik data yang dicari dalam suatu situ yang dicari.
B. Simbol matematika tanda Minus (-)
+Buku+pelajaran-komputer
Tanda Minus (-) diartikan sebagai ”kecuali”, yang bekerjajika kamu tidak ingin menampilakam dokumen yang berisi kata yang terdapat dibelakang tanda minus (-). Sebagai contoh :
C. Tanda Kutip (”)
Jika kamu hanya ingin memperoleh halaman web yang mengandung kata yang tidak terpisah dan serangkaian pada saat melakukan pencarian, maka kita dapat menggunakan tanda (”). Sebagai contoh :
“majalah komputer”

D. Tanda (~)
Alat batu pencarian yang merupakan pengembangan teknik pencarian pada google dengan menggunakan sinonim dalam bahasa Indonesia. Sebagai Contoh :
~penerbit widya utama

E. Operasi Boolean ( OR )
Alat bantu pencarian yang dapat diartikan sebagai ” atau ” dan bekerja dengan cara yang sama dengan karakter spasi dalam simbol matematika. Sebagai contoh :
“komputer OR matematika”

B. Penggunaan Layanan Chatting Untuk Berkomunikasi

CHAT merupkan kependekan dari Conversational Hypertext Access Technology, yaitu suatu sitem yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna internet diseluruh dunia secara real-time dan online. Terdapat banyak jenis program untuk chatting, salah satunya adalah mIRC. mIRC adalah salah satu program untuk chatting yang popular. mIRC menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk dapat berhubungan dengan jaringan IRC ( Internet Relay Chat ). Jaringan IRC adalah sebuah tempat pertemuan maya diaman setiap orang dari seluruh penjuru dunia dapat saling berhubungan. Kamu dapat memperoleh program ini di http://www.mirc.co.uk atau http://www.mirc.com .
IRC diciptakan oleh Jarkko Oikarinen (nickname "WiZ") pada akhir Agustus 1988 untuk menggantikan program di BBS yang disebut MUT (MultiUser Talk), di Finlandia di sebut OuluBOX. Oikarinen menemukan inspirasi Bitnet Relay Chat yang beroperasi di dalam Jaringan Bitnet. Dia membuat IRC client dan IRC server di Universitas Oulu, Finlandia (Pada saat dia bekerja di Departemen Informasi Ilmu Pengetahuan). Sekarang IRC sudah digunakan di lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

Pada tahun 1992 Internet Relay Chat kemudian disempurnakan tepatnya pada saat perang gurun. Antara periode ini, informasi diterima dan disalurkan ke seluruh dunia sehingga karena dengan IRC manusia dapat berkomunikasi dengan jarak beribu-ribu mil. IRC adalah sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up to date dan dapat dipercaya.

C. Penggunaan Mailing List di Yahoogrops Untuk Berkomunikasi

Mailing List atau Milis merupakan suatu kelompok diskusi dimana setiap orang dapat berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Dengan kata lain, mailing List adalah sebuah daftar alamat-alamt e-mail yang mempunyai kesukaan atau kepentingan yang sama. Yahoo!Groups merupakan layananan mailing list yang disediakan oleh Yahoo! dan dapat gunakan untuk saling berkomunikasi, baik melalui halaman web maupun dengan menggunakan e-mail client, seperti Outlook Express. Dengan mailing list, member yang tergabung dapat mengirimkan pesan ke semua anggota dengan sekali kirim.
Milis (Inggris: mailing list) adalah group diskusi di internet dimana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak. Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.

Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya. Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com. Daftar untuk penggunaan milis dapat disebut sebagai daftar distribusi. Dalam milis yang legal atau tidak bermuatan spam, individu dapat berlangganan atau berhenti berlangganan sendiri.

Cara Menggunakan

1. Mendaftar pada group yang diminati, biasanya terdapat pada yahoogroups.com. Pada tahap ini anggota baru akan diminta mengisi database agar informasi dari semua anggota terangkum dengan rapi.
2. Mengirim pesan ke milis jika ada sesuatu yang ingin disampaikan seperti info lomba, berita kesehatan, dan lain-lain. Setiap anggota milis berhak menulis apa saja di milis asalkan berita tersebut akurat.

Kegunaan Milis

Melalui milis, dapat diketahui beragam informasi, mulai dari lowongan pekerjaan, lowongan magang, hingga berita-berita terbaru mengenai suatu isu yang sedang hangat diperbincangkan.

Ciri Khas Milis

Milis dapat dikatakan mirip dengan forum internet karena sama-sama merupakan situs perkumpulan suatu kelompok dengan ketertarikan yang sama. Perbedaan milis dengan forum internet terletak pada adanya notifikasi yang didapat anggota milis pada email mereka masing-masing. Anggota milis dapat memilih apakah ia ingin setiap tulisan terbaru di milis masuk ke dalam notifikasi email mereka atau tidak.

Sebuah [[mailing list]] hanyalah merupakan daftar dari alamat [[e-mail]] orang yang tertarik pada subjek yang sama, adalah anggota dari kelompok kerja yang sama, atau yang mengambil kelas bersama-sama. Ketika seorang anggota daftar mengirim catatan ke grup alamat khusus, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar. Kunci keuntungan dari milis atas hal-hal seperti diskusi berbasis web adalah bahwa sebagai pesan baru akan tersedia mereka segera disampaikan kepada para peserta ’kotak surat’.

Sebagian besar anggota milis merasa info-info dari milis tersebut hanya dapat memenuhi muatan email sehingga banyak yang memilih untuk tidak mendapatan notifikasi dari setiap info terbaru dari milis. Padahal, tidak semua orang sempat mengecek pembicaraan terbaru di milis sehingga notifikasi di email sebetulnya mempermudah anggota suatu milis agar mereka tak ketinggalan satu info pun.Ada dua macam pengertian jenis milis.

* Sebagai daftar pengumuman, di mana sebuah "mailing list" yang digunakan banyak orang sebagai penerima untuk buletin, majalah atau iklan. Secara tradisional, hal ini dilakukan melalui sistem pos, tetapi dengan munculnya e-mail, milis elektronik menjadi populer.

* Sebagai sarana yang memungkinkan anggota untuk melakukan meng-unduh dan memuat data yang didapat kemudian disiarkan ke semua anggota milis lain. Kategori kedua ini biasanya dikenal sebagai daftar diskusi.

Listwashing

· Listwashing (pembersihan data) merupakan sebuah proses di mana data individu dalam entri milis dihapus. entri data yang dihapus ini biasanya berisi alamat e-mail atau nomor telepon dari orang-orang yang belum secara sah mendaftar dalam milis tersebut. Sebuah entri dihapus dari daftar setelah keluhan diterima. Hal ini dilakukan karena seringkali ada e-mail berisi spam atau info-info yang dianggap tidak penting oleh orang yang mengajukan keluhan. Semua e-mail tersebut memenuhi kotak masuk (inbox) orang tersebut sehingga ia merasa terganggu dan merasa berhak meminta agar semua e-mail tersebut tidak dimasukkan lagi ke dalam milis.

Kelebihan

1. Semua anggota di suatu milis dapat menerima informasi-informasi yang hanya disiarkan di milis tersebtu karena ketika seorang anggota di dalam daftar mengirim catatan ke grup tersebut, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar.
2. Para anggota milis akan selalu merasa terkinikan (up-to-date) dengan adanya diskusi berbasis web ini, yang membuat setiap berita yang masuk ke dalam milis menjadi pesan baru di setiap inbox anggotanya.

Kekurangan

1. Milis kurang praktis untuk beberapa hal. Misalnya, setiap e-mail yang terkirim ke milis akan terkirim juga ke alamat e-mail pengirim. Apabila seseorang jarang membacanya, maka inbox e-mail yang bersangkutan akan penuh terisi milis. Padahal, kapasitas email sangat terbatas. Full inbox juga dapat membuat pesan-pesan non-milis terselip, sehingga tidak terbaca. Padahal, pesan tersebut bisa jadi sangat penting.
2. Milis tidak bersifat interaktif untuk diskusi karena seseorang tidak dapat menggolongkan pesan berdasarkan temanya. Misalnya, untuk komunikasi internal sebuah organisasi, seseorang memerlukan semacam direktori, sehingga wacana atau informasi untuk bidang hubungan kemasyarakatan (humas) tidak bercampur dengan kesekretariatan. Atau agenda-agenda yang menjadi program humas dapat dibahas lebih terperinci.
3. Milis merepotkan pengguna jika harus me-reply (menjawab) suatu pesan karena harus menyertakan pesan sebelumnya yang telah di-reply. Jika tidak, sulit bagi orang lain untuk mengetahui pesan mana yang sedang seseorang respons. Karena saat ini pengguna milis terpusat pada jasa yahoogroups.com, pengaksesan menjadi sangat lambat. Banyak lebar pita internasional tersedot karena hal tersebut.

3. MENGGUNAKAN E-MAIL UNTUK KOMUNIKASI


A.Mendeskripsikan Fungsi E-mail Sebagai Alat Komunikasi
1. Penggunaan Internet untuk komunikasi ( E-mail )
E-mail merupakan salah satu fasilitas tertua dalam penggunaan internet. E-mail merupakan fasilitas internet yang paling banyak digunakan oleh pengguna. Setiap hari hampir jutaan pesan dikirimkan ke segala tujuan. Salah satu alasan disebarluaskan pengguna internet sebagai jaringan internasional adalah karena fleksibilitas dari berbagai jenis komputer yang dapat terhubung dengan internet. Terdapat dua jenis layanan e-mail yaitu :
ü E-mail yang berbasis web
Pada e-mail jenis ini, seluruh aktivitas mengirim atau menerima file dilakukan melalui sebuah situs yang disebut dengan web mail. Setiap kali akan menggunakan e-mail, pengguna harus terhubung dahulu dengan internet. Beberapa web mail penyedia pelayan internet gratis sudah banyak tersedia di internet, misalnya Telkom-net Mail, Yahoo! Mail, hotmail.
ü E-mail yang berbasis client
Dibutuhkan sebuah perangkat lunak apabila akan menggunakan e-mail pada e-mail jenis ini, misalnya Eudora atau Microsoft Outlook. Fasilitas yang disediakan antara lain untuk menulis dan mengelola e-mail tanpa harus terhubung dengan internet.
2. Fungsi E-mail sebagai alat komunikasi
E- berasal dari kata electronic mail. E-mail atau surat elektronik adalah suatu cara untuk mengirim pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya. E-mail juga digunakan untuk mengirim surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau diluar negeri. Dalam bidang bisnis, e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirim surat dokumen penting. E-mail juga mempunyai dampak negatif. Misalnya, sebagai alat penyebar virus komputer dan alat komunikasi orang yang mempunyai tujuan yang buruk lainnya, seperti teroris yang menggunakan e-mail untuk menghubungi anggota yang ada dibelahan dunia lain untuk merencanakan rencana jahat mereka. Terdapat banyak cara untuk mendapatkan e-mail, diantaranya :
Ø Melalui penyedian e-mail yang gratis
Ø Undangan dari teman
Ø Dari Internet Service Provider
Ø Dari perusahaan
Ø Memesan sendiri
B. Mendeskripsikan Persamaan dan Perbedaan Mailbox di Kantor Pos ( Fisik ) yang Memiliki identitas dan Kunci dengan Mailbox E-mail yang Memiliki User ID dan Password
Surat merupakan salah satu alat komunikasi yang sudah lama kita kenal. Pengiriman surat dengan menggunakn media konvensional akan menghasilkan sesuatu yang jelas dan isinya tidak harus selalu diklarifikasi. Sedangkan melalui e-mail, adakalanya informasi yang terkandung didalamnya perlu dikonfirmasikan ulang kepada si penggirim, terutama untuk sesuatu yang sifatnya penting dan tidak ada hubungannya dengan pembicaraan yang sebelumnya. Hal ini disebabkan karena tidak jarang e-mail sampah ( spam ) yang diterima oleh pemilik. Penggunaan e-mail memiliki sebuah kotak surat yang disebut dengan mailbox yang tersimpan di mailserver.
Flame merupakan pesan dalam e-mail yang berisi kritik atau pendapat. Flame biasanya dikirim oleh pengguna internet ke seseorang atau sebuah news group sebagai ekspresi kekesalan karena adanya pelanggaran internet.
C. Menggunakan Alamat Tujuan dan Subjek untuk MembuatE-Mail
Hal yang harus diketahui sebelim mengirim e-mail ke seseorang adalah alamat e-mail dari orang itu. Jika kamu tidak mempunyai alamat e-mail maka pengiriman e-mail tidak akan pernah terjadi. Banyak terdapat penyedia internet e-mail yaitu :
Ø Yahoo!
Alamat : mail.yahoo.com
Ø Gmail
Alamat : mail.gmail.com
Ø Hotmail
Alamat : www.hotmail.com
Ø Plasa
Alamat : www.plasa.com
Salah satu cara untuk mendapatkan e-mail adalah melalui penyedian layanan yang gratis. Penyedian layanan e-mail itu pada umunya mensyaratkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.
Nama login atau alamt e-mail pada umumnya terdapat dua bagian utama yaitu nama mailbox dan nama komputer dimana mailbox itu berada. Mailserver merupakan komputer tempat mleletakan mailbox sedangkan setiap pengguna e-mail dapat disebut client.
Format penulisan alamat e-mail :
NAMAMAILBOX@NAMAMAILSERVER
Jika kita mendapat e-mail yang bernama MAILER-DAEMON, berarati e-mail yang kita kirim kepada orang lain tidak terkirim atau tidak dikenali. Alasan yang paling umum terjadinya MALIER-DAEMON :
ü Over Qouta
Biasanya setiasp account e-mail memilki kuota atau kapasitas maksimum. Sebagia contoh, Webmail CBN memiliki kouto 5 MB. Jika telah melebihi batas kita tidak dapat menerima e-mail baru.
ü Account Disable or Discontinued
Jika kamu memilki e-mail tetapi tidak pernah dibuka dalam jangka waktu berturut-turut maka dengan otomatis e-mail akan di nonaktifkan.
ü Invalid Address
Jika kita mengirim surat kepada siapapun tetapi salah dengan alamat e-mail yang salah maka surat itu tidak akan sampai kepada siapa pun.
Berikut ini adalah ikon-ikon yang terdapat dalam Yahoo!Mail :
IKON
KETERANGAN
Check E-mail
Check e-mail sama dengan inbox
Compose
Jendela tempat kamu menulis pesan yang akan kamu kirim ke teman-teman atau relasi.
Folders
Foldres yang terdapat dalam Yahoo! Mail sama fungsinya terhadap folder biasa kamu gunakan di Windows.
Addresses
Dapat digunakan untuk menyimpan alamat e-mail teman atau relasi sehingga kamu tidak perlu menulis kembali alamat e-mail teman.
Search the web
Fasilitas yang diberikan jika kamu ingin mencari sesuatu. Ketik apa yang ingin kita cari dan klik search.
Options
Dapat digunakan jika kamu ingin mengatur beberapa setting dari Yahoo! Mail.
Sign Out
Digunakan jika kita ingin keluar dari Yahoo! Mail atau kembalike halamn depan Yahoo!.
D. Melakukan Download Attachment dan Memindahkan Pada Media Lain.
Langkah-langkah untuk membuka dan meyimpan e-mail adalah :
Buka e-mail yang mengandung file attachment
Selanjutnya, akan ditampilkan halaman e-mail yang kamu terima .
Klik nama file attachmnet pada kotak subjek dan klik Scan And Downloads Attachment.
Klik download attachment jika file yang sudah kamu sacn benar-benar bebas virus.
Jika kamu menyimpan maka kamu klik Save As dan tentukan direktory atau penyimpana pada kotak Save In.
Klik save dan Open jika Download telah Complete.
E. Kode Etik Penggunaan E-mail
Etika dalam surat elektronik sama dengan menulis surat biasa. Etika dalam berkomuniksai dalam e-mail dikenal dengan istilah Netiquette atau Internet Etiquette. Berikut ini beberapa aturan dalam berkomunikasi melalui e-mail :
Ø Hindari penggunaan huruf kapital dalam seluruh isi pesan.
Ø Hormati Privacy orang lain.
Ø Ingatlah bahwa tidak semua orang menerima segala hal yang kamu anggap lucu.
Ø Jangan teruskan surat berantai.
Ø Jangan melakukan spam.
Ø Perhatikan susnan forward apabila ingin menggirim kepada pihak lain. Artinya luangkan waktu untuk menghapus tanda ”<<>”.
Ø Selalu isi bagian sujek, jangan pernah kosong.
Ø Ganti subjek pembicaraan topik apabila berubah.
Ø Hapus pesan reply yang tidak perlu.
Ø Jangan mudah tersinggung, reaksi yang berlebihan, atau terburu-buru dalam menghapuskan e-mail tanpa berusaha memikirkannya kembali.
Ø Bersabarlah dalam menunggu balasan pesan.
Ø Jangan mengirimkan file attachment dengan kapasitas yang terlalu besar, kecuali memang diminta.
Ø Hindari kesalahan dalam ejaan atau tata bahasa.
Ø Hindari kata-kata ”pedas” yang membuat orang lain tidak enak hati.
Ø Baca Frequently Asked Question ( FAQ ) jika kamu bergabung dalam kelompok diskusi.


• E-mail (Electronic Mail) adalah suatu cara untuk mengirim pesan dalam format data electronic dari satu computer ke computer lainnya.
• Terdapat dua jenis layanan e-mail, yaitu e-mail yang berbasis web dan e-mail yang berbasis client.
• Pengguna e-mail pada umumnya memungkinkan data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat.
• Pengguna e-mail memiliki sebuah kotak surat yang disebut mailbox yang tersimpan dalam mailserver.
• Alamat e-mail pada umumnya terdiri atas dua bagian utama, yaitu mailbox dan nama computer dimana mailbox tersubut berada.
• Alamat e-mail bersifat unik sehingga tidak mugkin ada dua orang yang berbeda memiliki alamat e-mail yang sama.
• Mailserver merupakan computer tempat melitakkan mailbox, sedangkan setiap pengguna e- mail dapat kita sebut sebagai client.
• Beberapa pengguna e-mail dapat membentuk sebuah kelompok yang diwakili oleh sebuah alamat e-mail, kelompok semacam ini disebut milis (Mailing list)
• Tujuan dibuatnya sebuah milis adalah atas dasar kesamaan minat atau kepentinga anggotanya.
• Attachment memungkinkan sesorang untuk menyertakan berkas lain (dapat berupa dokumen, gambar, video, dan bahkan musik) ke dalam e-mail.
• Yahoo mail memberikan fasilitas untuk pengelolaan e-mail, menghapus e-mail, mengosongkan e-mail, untuk memindahkan e-mail ke folder khusus yang dinginkan.
• Etika dalam menggunakan e-mail sama dengan etika dalam menulis sura biasa.
• Etika dalam berkomunikasi melalui e-mail dikenal dengan istilah netiquette atau internetetiquette.

E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit).
Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:
• Membuat alamat email contoh: info@g-excess.com
• Mengetahui Username & Password dari email; “Account dan kata sandi”.
• Mengetahui E-mail yang di tuju.
Di internet sudah banyak penyedia layanan Email gratis, seperti diwww.yahoo.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.
kita bisa membuat email secara gratis di sana.

.
Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file-file yang kita butuhkan. Dengan cara :
• Buka email kita
• Klik compose atau tulis
• Sebelumnya kita tulis subject dan untuk siapa email itu akan dikirim. Dalam tampilan compose terdapat “CC” yang berarti alamat tambahan
• Klik attachment file bila kita ingin melampirkan file
• Setelah muncul tampilan attachment file, kita pilih file mana yang akan kita lampirkan
• Klik attach file
• Klik continue message
• Klik Send beberapa email yang terkumpul dalam suatu group disebut mailing list.

Perbedaan email dengan surat biasa ( surat yang menggunakan prangko) adalah:
E-Mail:
1. Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+- 1 menit)
2. Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat rumah)
3. Cukup dengan adanya jaringan internet
4. Keamanan data / surat terjamin.

Surat Biasa (Berperangko)
1. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko).
2. Pengalamatan Rumah / Kantor
3. Membutuhkan waktu lama
4. Keamanan Surat kurang terjamin
Perbedaan lain antara Email dengan Surat biasa adalah:
Surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.